PGSD UNNES JAYA !!

.

Sabtu, 11 Juli 2015

CONTOH RPP SD

selamat belajar




STRATEGI PEMBELAJARAN
RPP
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)




Disusun Oleh :
Dita Setyo Nugroho    1401414252
Rombel 2



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 ============================================================
Sekolah                         :   SD Negeri 2 Kradenan
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Daur Hidup Hewan
Waktu                          :   2 x 45 menit


A.    Standar Kompetensi
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.

C.    Indikator
4.1.1 Mendeskripsikan daur hidup hewan
4.1.2 Mendeskripsikan urutan daur hidup hewan

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menganalisa gambar, siswa dapat mengidentifikasikan daur hidup hewan
2.      Dengan berdiskusi kelompok, siswa dapat mengkaji materi daur hidup hewan dengan baik
3.      Setelah berdiskusi siswa mampu membagi materi kepada teman yang lain di kelompok yang berbeda dengan baik

E.     Pokok Materi Materi (Terlampir)
o   Daur Hidup Serangga
o   Daur Hidup Katak
o   Daur Hidup Nyamuk
o   Daur Hidup Unggas
o   Daur Hidup Kucing

F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan           : Scientific 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengolah, Mengkomunikasikan)
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                   : JIGSAW
Metode                  : Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab.


G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu


Kegiatan
Pendahuluan
1.   Guru mengondisikan siswa
2.   Guru memberi apersepsi “anak-anak, apa yang kalian ketahui tentang daur hidup hewan?” (mengamati)
3.   Guru memberikan motivasi
4.   Menyampaikan tujuan pembelajaran
10
menit


Kegiatan
Inti
1.   Membentuk kelompok asli, siswa dikelompokan sebanyak 4 sampai dengan 5 orang siswa.
2.   Siswa ditugaskan dalam kelompok asli untuk mempelajari satu sub topik pelajaran tentang daur hidup hewan (mengumpulkan informasi)
3.   Siswa diberi waktu untuk mempelajari apa yang menjadi bagiannya.
4.   Guru membentuk kelompok ahli (expert) sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama membentuk kelompok ahli
5.   Siswa di dalam kelompok ahli mendiskusiksn sub bab mereka (mengolah)
-          Kelompok ahli 1 mendiskusikan tentang daur hidup serangga
-          Kelompok ahli 2 mendiskusikan tentang daur hidup katak
-          Kelompok ahli 3 mendiskusikan tentang daur hidup nyamuk
-          Kelompok ahli 4 mendiskusikan tentang daur hidup unggas
-          Kelompok ahli 5 mendiskusikan tentang daur hidup kucing
6.   Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali kedalam kelompok asli dan bergantian mengajar teman satu kelompok mereka tentang subbab yang mereka kusai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan seksama (mengkomunikasikan)
7.   Siswa lain diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi (menanya)
8.   Guru mengelilingi satu kelompok ke kelompok lain untuk mengamati proses
9.   Guru mengadakan kuis secara individual. hasil nilai yang diperoleh tiap anggota kelompok dikumpulkan, kemudian dirata-rata dalam kelompok untuk menentukan predikat kelompok.
10.            Guru memberikan hadiah kepada kelompok terbaik
70
menit



Kegiatan
Penutup
1.      Membuat rangkuman (siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut)
2.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara
3.      Guru menyampaikan pesan moral “mahkluk hidup pasti melakukan daur hidup untuk melestarikan jenisnya”
4.      Salam dan do’a penutup.
10
menit


H.    Sumber dan Media Belajar
Sumber
o   Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah

Media
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Buku Pengembangan Diri Anak
o   Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang daur hidup hewan
o   Buku lain yang relevan

I.       Penilaian
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·   Pilihan ganda (Terlampir)
·   Esai terstruktur (Terlampir)



                                                                                                          Semarang, 23 Juni 2015
                      Mengetahui                                                                             
              Kepala Sekolah                                                         Guru / Wali kelas IV



                                                                                           ..................................                                 Dita Setyo Nugroho
                                                                                           NIP :                                  NIM : 1401414252
=======================================================================
LAMPIRAN I
BAHAN AJAR


A. Daur Hidup Serangga
Serangga memiliki tahap-tahap pertumbuhan yang berbeda dari makhluk hidup lain. Setiap tahap pertumbuhannya memiliki bentuk yang berbeda. Tahap-tahap pertumbuhan itu disebut metamorfosis.
Pada serangga, metamorfosis terdiri atas 2 jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 4 tahap pertumbuhan. Tahapan tersebut, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Adapun meta mor fosis tidak sem purna adalah metamorfosis yang mengalami 3 tahap pertumbuhan, yaitu telur, nimfa, dan dewasa.

1) Metamorfosis Sempurna
Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna ialah serangga yang memiliki empat tahap pertumbuhan dalam daur hidupnya. Tahap metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut.
Keempat tahap pertumbuhan tersebut masing-masing memiliki tahap yang berbeda-beda.
Perlu Diingat !!
Pada tahapan larva, ukuran tubuh akan cepat membesar. Pada saat itu larva makan sebanyak-banyaknya untuk persiapan perubahan bentuk menjadi pupa, dan akan berhenti makan pada saat mulai memben tuk pupa.
Sumber: Animal World, 1995.
Contoh hewan yang mengalami meamorfosis sempurna adalah kupu-kupu. Perhatikanlah gambar di bawah ini !
Selain kupu-kupu, serangga lain yang mengalami metamorfosis sempurna ialah nyamuk.
2) Metamorfosis Tidak Sempurna
Berikut ini adalah macam-macam telur kecoa.
 Telur kecoa bentuknya seperti kapsul yang berwarna cokelat kehitaman. Biasanya di sekitar tumpukan buku atau kertas, kamu juga akan menemukan beberapa anak kecoa.
Berikut ini adalah daur hidup pada kecoa :
Mula-mula, telur kecoa akan menetas men jadi nimfa. Nimfa ialah tahapan tubuh hewan muda. Nimfa pada kecoa memiliki bentuk tubuh yang hampir serupa dengan kecoa dewasa, tetapi ukuran nimfa lebih kecil dan belum bersayap.
Dalam perkembangannya, nimfa akan mengalami pergantian kulit (ekdisis) berkali-kali hingga menjadi kecoa dewasa. Setelah dewasa, kecoa tersebut akan bertelur. Telur tersebut akan menetas. Tahapan perubahan bentuk akan terulang lagi.
Tahap petumbuhan pada kecoa termasuk pada metamorfosis tidak sempurna. Kecoa tidak mengalami tahap larva dan pupa (kepompong). Tahap metamorfosis tidak sem purna adalah sebagai berikut.
Contoh lain serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah semut.

B. Daur Hidup Katak
Katak merupakan hewan yang mengalami metamorfosis. Katak memiliki tahap pertumbuhan pada katak muda yang berbeda dengan katak dewasa. Pada katak muda, setelah menetas dari telur, katak muda hidup di air, memiliki ekor dan tidak memiliki kaki. Katak muda itu disebut berudu.

 Menjelang dewasa, berudu mulai tumbuh kaki dan masih berekor, serta masih hidup di air. Setelah dewasa, kaki katak tumbuh sempurna dan ekor pun menyusut hingga tidak memiliki ekor lagi. Pada tahap katak dewasa, katak lebih sering berada didarat dan kembali lagi ke air untuk bertelur.
 


C. Daur Hidup Nyamuk
Nyamuk dapat ditemukan di mana-mana. Hewan ini sangat merugikan manusia karena dapat menimbulkan penyakit. Coba perhatikan gambar daur hidup nyamuk di bawah ini.
Nyamuk betina bertelur di air, kemudian telur menetas menjadi jentik-jentik atau larva tingkat (a). Larva tingkat (b) akan tumbuh dan berkembang menjadi larva tingkat (c) atau pupa. Kemudian dari pupa ini akan keluar nyamuk. Mulai dari telur sampai pupa semuanya berada di air. Daur hidup kupu-kupu dan nyamuk termasuk metamorfosis sempurna.





D. Daur Hidup Unggas
 Telur merupakan salah satu tahap pada perkembangbiakan hewan dari kelompok unggas. Contohnya adalah ayam. Ayam merupakan hewan yang termasuk dalam kelompok unggas. Ayam adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Dalam telur ini, anak ayam tumbuh hingga siap keluar dari telur dan dapat hidup di alam bebas.
Setelah keluar dari telur (menetas), anak ayam tumbuh menjadi ayam muda, kemudian menjadi ayam dewasa. Setelah dewasa, ayam siap untuk menghasilkan telur kembali.


E. Daur Hidup Kucing
Kucing merupakan hewan yang sering kali kamu lihat, baik di rumah, di jalan, di taman, bahkan di tempat pembuangan sampah. Mungkin salah seorang dari kamu ada yang memelihara kucing. Namun, apakah kamu mengetahui daur hidup kucing?
Berikut ini adalah daur hidup kucing
Kucing termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Anak kucing dapat terus tumbuh jika induknya me nyusuinya. Jika anak kucing ter sebut dapat bertahan hidup, anak kucing akan tumbuh dewasa dan dapat menghasilkan keturunan (anak) kembali.


LAMPIRAN II
KEGIATAN SISWA


KEGIATAN 1
A. Tujuan
mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada ulat.
B. Alat dan Bahan
stoples, kain kasa, daun, karet gelang, ulat, dan beberapa helai daun.
C. Langkah Kerja
1.     Cari seekor ulat yang berada di salah satu tumbuhan dan petik juga beberapa helai daun tumbuhan tersebut!
2.    Ambil ulat tersebut, kemudian masukkan ke dalam stoples yang telah diberi daun tumbuhan tersebut!
3.    Tutup stoples dengan kain kasa. Amati setiap hari. Catat perubahan-perubahan yang terjadi pada ulat di buku tugasmu!
4.    Cucilah selalu tangamu setiap selesai melakukan kegiatan ini!
5.    Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan ini!

KEGIATAN 2
Carilah informasi mengenai jenis-jenis serangga. Kemudian, tuliskan jenis tahapan pertumbuhannya dalam tabel berikut di buku latihanmu.
Tabel Pengamatan Jenis dan Tahapan Pertumbuhan Serangga
No.
Nama
Jenis tahap pertumbuhan
1.
Kupu-kupu
Metamorfosis sempurna
2.


3.


4.


5.



1. Serangga apa saja yang mengalami metamorfosis sempurna?
2. Serangga apa saja yang mengalami metamorfosis tidak sempurna?
3. Diskusikanlah bersama teman-temanmu, kemudian lengkapilah tabel yang kamu buat dengan tabel hasil pengamatan temanmu.



LAMPIRAN III
SOAL-SOAL



SOAL PRETES SIKLUS I
PETUNJUK :
A.    Tuliskan nama dan kelas kamu pada tempat yang tersedia
Nama : ……………………………………….
Kelas : ………………………………………..
Kelompok : ………………………………......
B.     Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat di antara A,B,C dan D dengan tanda (x) silang !
SOAL PILIHAN GANDA :
1.      Perubahan bentuk makhluk hidup dari kecil hingga dewasa disebut …..
a. Metamorfosis        c. Tahapan
b. Pertumbuhan         d. Daur hidup

2.      Hewan yang mengalami metamorfosis adalah …..
a. Kambing                c. Kucing
b. Ayam                    d. Lalat

3.      Ayam berkembang biak dengan cara …..
a. Bertelur dan melahirkan anak
b. Semuanya benar
c. Melahirkan anak
d. Bertelur

4.      Hewan yang mengalami tahap jentik-jentik dalam daur hidupnya adalah…..
a. Katak                     c. Kecoa
b. Lalat                      d. Nyamuk

5.      Urutan daur hidup pada kupu-kupu adalah …..
a. Telur-ulat-kepompong-kupu-kupu
b. Telur-kepompong-ulat-kupu-kupu
c. Kupu-kupu-ulat-telur kepompong
d. Ulat-telur-kepompong-kupu-kupu

6.      Dalam daur hidupnya, ulat menjadi …..
a. Larva                     c. Kepompong
b. Nimfa                    d. Kupu-kupu dewasa



7.      Kucing menghasilkan anak dengan cara ….
a. Beranak                 c. Beranak dan bertelur
b. Bertelur                 d. Membelah diri

8.      Perbedaan antara kecoa muda dengan kecoa dewasa adalah …..
a. Kecoa muda tidak bersayap
b. Kecoa dewasa tidak bersayap
c. Kecoa muda tidak memiliki kaki
d. Kecoa muda dan kecoa dewasa memiliki kaki

9.      Contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis adalah …..
a. Nyamuk                 c. Kucing
b. Kecoa                    d. Kupu-kupu

10.  Tahapan nimfa terjadi pada daur hidup hewan …..
a. Kupu-kupu                         c. Katak
b. Nyamuk                 d. Kecoa

SOAL ISIAN :
1.   Apa perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?
2.   Jelaskanlah  urutan daur hidup nyamuk secara sederhana !
3.   Buktikan  bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama !
4.   Simpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan unggas menunjukkan adanya pertumbuhan !


LAMPIRAN IV
KUNCI JAWABAN

No.
Soal
Kunci
1.
Perubahan bentuk makhluk hidup dari kecil hingga dewasa disebut …..
a. Metamorfosis           c. Tahapan
b. Pertumbuhan           d. Daur hidup
A
2.
Hewan yang mengalami metamorfosis adalah …..
a. Kambing                  c. Kucing
b. Ayam                       d. Lalat
D
3.
Ayam berkembang biak dengan cara …..
a. Bertelur dan melahirkan anak
b. Semuanya benar
c. Melahirkan anak
d. Bertelur
D
4.
Hewan yang mengalami tahap jentik-jentik dalam daur hidupnya adalah…..
a. Katak                       c. Kecoa
b. Lalat                        d. Nyamuk
D
5.
Urutan daur hidup pada kupu-kupu adalah …..
a. Telur-ulat-kepompong-kupu-kupu
b. Telur-kepompong-ulat-kupu-kupu
c. Kupu-kupu-ulat-telur kepompong
d. Ulat-telur-kepompong-kupu-kupu
A
6.
Dalam daur hidupnya, ulat menjadi …..
a. Larva                       c. Kepompong
b. Nimfa                      d. Kupu-kupu dewasa
C
7.
Kucing menghasilkan anak dengan cara ….
a. Beranak                   c. Beranak dan bertelur
b. Bertelur                    d. Membelah diri
A
8.
Perbedaan antara kecoa muda dengan kecoa dewasa adalah …..
a. Kecoa muda tidak bersayap
b. Kecoa dewasa tidak bersayap
c. Kecoa muda tidak memiliki kaki
d. Kecoa muda dan kecoa dewasa memiliki kaki
A
9.
Contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis adalah …..
a. Nyamuk                   c. Kucing
b. Kecoa                      d. Kupu-kupu
C
10.
Tahapan nimfa terjadi pada daur hidup hewan …..
a. Kupu-kupu              c. Katak
b. Nyamuk                   d. Kecoa
B



LAMPIRAN V
RUBRIK PENILAIAN

&  KRITERIA PENILAIAN
NO
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
a.    Memahami materi secara keseluruhan
b.    Dapat menjelaskan materi kepada teman satu kelompoknya dengan baik.

Pengamatan dan tes
Penyelesaian tu-gas individu dan/ atau kelompok
2.
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
b.    Mandiri dalam kegiatan individual dan bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif

Pengamatan
Selama Pembe-lajaran dan saat melakukan tugas praktek.
3.
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/ prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan daur hidup hewan.
Pengamatan
Pada saat pe-nyelesaian tugas.


&  PENILAIAN

1.    Penilaian Hasil Belajar
Pilihan Ganda
Jumlah soal benar x 6       = B x 6
                                          = 10 x 6  à 60
Isian
Jumlah soal benar x 10     = B x 10
                                          = 4 x 10 à 40
Nilai                                  = 100
   CATATAN :
@   Nilai KKM 75
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



2.    Penilaian Proses
No
Nama Peserta Didik
Kriteria
Aktif
Kerjasama
Tanggungjawab
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3











Keterangan:
*) Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
KB = Kurang baik, B = Baik dan SB = Sangat baik

Skala penilaian sikap dibuat dengan rating scale antara 2 - 4
2 = Kurang baik
3 = Baik

4 = Sangat baik

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com