selamat belajar
STRATEGI PEMBELAJARAN
RPP
(RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Disusun Oleh :
Dita Setyo Nugroho 1401414252
Rombel 2
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
============================================================
Sekolah : SD Negeri 2 Kradenan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Daur Hidup
Hewan
Waktu :
2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
4.
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
B. Kompetensi Dasar
4.1
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
C. Indikator
4.1.1
Mendeskripsikan daur hidup hewan
4.1.2
Mendeskripsikan urutan daur hidup hewan
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
menganalisa gambar, siswa dapat mengidentifikasikan daur hidup hewan
2.
Dengan
berdiskusi kelompok, siswa dapat mengkaji materi daur hidup hewan dengan baik
3.
Setelah
berdiskusi siswa mampu membagi materi kepada teman yang lain di kelompok yang
berbeda dengan baik
E. Pokok
Materi Materi (Terlampir)
o Daur Hidup Serangga
o Daur Hidup Katak
o Daur Hidup Nyamuk
o Daur Hidup Unggas
o Daur Hidup Kucing
F. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan :
Scientific 5M (Mengamati, Menanya,
Mengumpulkan Informasi, Mengolah, Mengkomunikasikan)
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : JIGSAW
Metode :
Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab.
G. Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru mengondisikan siswa
2.
Guru memberi apersepsi
“anak-anak, apa yang kalian ketahui tentang daur hidup hewan?” (mengamati)
3.
Guru memberikan motivasi
4.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
10
menit
|
||
Kegiatan
Inti
|
1.
Membentuk kelompok asli, siswa
dikelompokan sebanyak 4 sampai dengan 5 orang siswa.
2.
Siswa ditugaskan dalam kelompok
asli untuk mempelajari satu sub topik pelajaran tentang daur hidup hewan (mengumpulkan
informasi)
3.
Siswa diberi waktu untuk
mempelajari apa yang menjadi bagiannya.
4.
Guru membentuk kelompok ahli
(expert) sementara, yaitu siswa yang memiliki bagian sub topik yang sama
membentuk kelompok ahli
5.
Siswa di dalam kelompok ahli
mendiskusiksn sub bab mereka (mengolah)
-
Kelompok ahli 1 mendiskusikan
tentang daur hidup serangga
-
Kelompok ahli 2 mendiskusikan
tentang daur hidup katak
-
Kelompok ahli 3 mendiskusikan
tentang daur hidup nyamuk
-
Kelompok ahli 4 mendiskusikan
tentang daur hidup unggas
-
Kelompok ahli 5 mendiskusikan
tentang daur hidup kucing
6.
Setelah selesai diskusi sebagai
tim ahli tiap anggota kembali kedalam kelompok asli dan bergantian mengajar
teman satu kelompok mereka tentang subbab yang mereka kusai dan tiap anggota
lainnya mendengarkan dengan seksama (mengkomunikasikan)
7.
Siswa lain diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan sebagai klarifikasi (menanya)
8.
Guru mengelilingi satu kelompok
ke kelompok lain untuk mengamati proses
9.
Guru mengadakan kuis secara
individual. hasil nilai yang diperoleh tiap anggota kelompok dikumpulkan,
kemudian dirata-rata dalam kelompok untuk menentukan predikat kelompok.
10.
Guru memberikan hadiah kepada
kelompok terbaik
|
70
menit
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Membuat rangkuman (siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut)
2. Siswa diberikan kesempatan berbicara
3. Guru menyampaikan pesan moral “mahkluk hidup pasti melakukan daur hidup
untuk melestarikan jenisnya”
4. Salam dan do’a penutup.
|
10
menit
|
||
H. Sumber
dan Media Belajar
Sumber
o
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah
Media
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Buku Pengembangan Diri Anak
o
Video/slide/buklet/pamflet/gambar
tentang daur hidup hewan
o
Buku lain yang relevan
I.
Penilaian
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
b. Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda (Terlampir)
·
Esai terstruktur (Terlampir)
Semarang, 23 Juni 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru / Wali kelas IV
.................................. Dita Setyo Nugroho
NIP : NIM : 1401414252
=======================================================================
LAMPIRAN I
BAHAN AJAR
A.
Daur Hidup Serangga
Serangga memiliki tahap-tahap pertumbuhan yang berbeda
dari makhluk hidup lain. Setiap tahap pertumbuhannya memiliki bentuk yang
berbeda. Tahap-tahap pertumbuhan itu disebut metamorfosis.
Pada serangga, metamorfosis
terdiri atas 2 jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak
sempurna. Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 4 tahap
pertumbuhan. Tahapan tersebut, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Adapun
meta mor fosis tidak sem purna adalah metamorfosis yang mengalami 3 tahap
pertumbuhan, yaitu telur, nimfa, dan dewasa.
1) Metamorfosis
Sempurna
Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna ialah
serangga yang memiliki empat tahap pertumbuhan dalam daur hidupnya. Tahap
metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut.
Keempat tahap pertumbuhan tersebut masing-masing memiliki
tahap yang berbeda-beda.
Perlu
Diingat !!
Pada tahapan larva, ukuran tubuh akan cepat membesar. Pada saat itu
larva makan sebanyak-banyaknya untuk persiapan perubahan bentuk menjadi pupa,
dan akan berhenti makan pada saat mulai memben tuk pupa.
Sumber: Animal World, 1995.
Contoh
hewan yang mengalami meamorfosis sempurna adalah kupu-kupu. Perhatikanlah
gambar di bawah ini !
Selain
kupu-kupu, serangga lain yang mengalami metamorfosis sempurna ialah nyamuk.
2) Metamorfosis Tidak Sempurna
Berikut ini adalah macam-macam telur kecoa.
Telur kecoa bentuknya seperti kapsul yang
berwarna cokelat kehitaman. Biasanya di sekitar tumpukan buku atau kertas, kamu
juga akan menemukan beberapa anak kecoa.
Berikut
ini adalah daur hidup pada kecoa :
Mula-mula,
telur kecoa akan menetas men jadi nimfa. Nimfa ialah tahapan tubuh hewan muda.
Nimfa pada kecoa memiliki bentuk tubuh yang hampir serupa dengan kecoa dewasa,
tetapi ukuran nimfa lebih kecil dan belum bersayap.
Dalam perkembangannya, nimfa akan mengalami pergantian
kulit (ekdisis) berkali-kali hingga menjadi kecoa dewasa. Setelah dewasa, kecoa
tersebut akan bertelur. Telur tersebut akan menetas. Tahapan perubahan bentuk
akan terulang lagi.
Tahap petumbuhan pada kecoa termasuk pada metamorfosis
tidak sempurna. Kecoa tidak mengalami tahap larva dan pupa (kepompong). Tahap
metamorfosis tidak sem purna adalah sebagai berikut.
Contoh lain serangga yang mengalami metamorfosis tidak
sempurna adalah semut.
B.
Daur Hidup Katak
Katak merupakan hewan yang mengalami metamorfosis.
Katak memiliki tahap pertumbuhan pada katak muda yang berbeda dengan katak
dewasa. Pada katak muda, setelah menetas dari telur, katak muda hidup di air,
memiliki ekor dan tidak memiliki kaki. Katak muda itu disebut berudu.
Menjelang dewasa, berudu mulai tumbuh kaki dan
masih berekor, serta masih hidup di air. Setelah dewasa, kaki katak tumbuh
sempurna dan ekor pun menyusut hingga tidak memiliki ekor lagi. Pada tahap
katak dewasa, katak lebih sering berada didarat dan kembali lagi ke air untuk
bertelur.
C. Daur Hidup Nyamuk
Nyamuk dapat ditemukan di mana-mana. Hewan ini sangat
merugikan manusia karena dapat menimbulkan penyakit. Coba perhatikan gambar
daur hidup nyamuk di bawah ini.
Nyamuk
betina bertelur di air, kemudian telur menetas menjadi jentik-jentik atau larva
tingkat (a). Larva tingkat (b) akan tumbuh dan berkembang menjadi larva tingkat
(c) atau pupa. Kemudian dari pupa ini akan keluar nyamuk. Mulai dari telur
sampai pupa semuanya berada di air. Daur hidup kupu-kupu dan nyamuk termasuk
metamorfosis sempurna.
D. Daur Hidup Unggas
Telur merupakan salah satu tahap pada
perkembangbiakan hewan dari kelompok unggas. Contohnya adalah ayam. Ayam
merupakan hewan yang termasuk dalam kelompok unggas. Ayam adalah hewan yang
berkembang biak dengan cara bertelur. Dalam telur ini, anak ayam tumbuh hingga
siap keluar dari telur dan dapat hidup di alam bebas.
Setelah keluar dari telur (menetas), anak ayam tumbuh
menjadi ayam muda, kemudian menjadi ayam dewasa. Setelah dewasa, ayam siap
untuk menghasilkan telur kembali.
E. Daur Hidup Kucing
Kucing
merupakan hewan yang sering kali kamu lihat, baik di rumah, di jalan, di taman,
bahkan di tempat pembuangan sampah. Mungkin salah seorang dari kamu ada yang
memelihara kucing. Namun, apakah kamu mengetahui daur hidup kucing?
Berikut ini adalah daur hidup kucing
Kucing termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara
melahirkan anak. Anak kucing dapat terus tumbuh jika induknya me nyusuinya.
Jika anak kucing ter sebut dapat bertahan hidup, anak kucing akan tumbuh dewasa
dan dapat menghasilkan keturunan (anak) kembali.
LAMPIRAN II
KEGIATAN SISWA
KEGIATAN 1
A. Tujuan
mengetahui
perubahan-perubahan yang terjadi pada ulat.
B. Alat dan Bahan
stoples, kain kasa, daun,
karet gelang, ulat, dan beberapa helai daun.
C. Langkah Kerja
1.
Cari seekor ulat
yang berada di salah satu tumbuhan dan petik juga beberapa helai daun tumbuhan
tersebut!
2.
Ambil ulat
tersebut, kemudian masukkan ke dalam stoples yang telah diberi daun tumbuhan
tersebut!
3.
Tutup stoples
dengan kain kasa. Amati setiap hari. Catat perubahan-perubahan yang terjadi
pada ulat di buku tugasmu!
4.
Cucilah selalu
tangamu setiap selesai melakukan kegiatan ini!
5.
Buatlah
kesimpulan berdasarkan kegiatan ini!
KEGIATAN 2
Carilah
informasi mengenai jenis-jenis serangga. Kemudian, tuliskan jenis tahapan
pertumbuhannya dalam tabel berikut di buku latihanmu.
Tabel Pengamatan Jenis dan Tahapan Pertumbuhan
Serangga
No.
|
Nama
|
Jenis tahap pertumbuhan
|
1.
|
Kupu-kupu
|
Metamorfosis
sempurna
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
1. Serangga apa saja yang
mengalami metamorfosis sempurna?
2. Serangga apa saja yang
mengalami metamorfosis tidak sempurna?
3.
Diskusikanlah bersama teman-temanmu, kemudian lengkapilah tabel yang kamu buat
dengan tabel hasil pengamatan temanmu.
LAMPIRAN III
SOAL-SOAL
SOAL PRETES SIKLUS I
PETUNJUK :
A.
Tuliskan nama dan kelas kamu pada tempat
yang tersedia
Nama : ……………………………………….
Kelas :
………………………………………..
Kelompok :
………………………………......
B.
Pilihlah salah satu jawaban yang paling
tepat di antara A,B,C dan D dengan tanda (x) silang !
SOAL PILIHAN GANDA :
1.
Perubahan bentuk makhluk hidup dari
kecil hingga dewasa disebut …..
a. Metamorfosis c. Tahapan
b. Pertumbuhan d. Daur hidup
2.
Hewan yang mengalami metamorfosis adalah
…..
a. Kambing c. Kucing
b. Ayam d. Lalat
3.
Ayam berkembang biak dengan cara …..
a. Bertelur dan
melahirkan anak
b. Semuanya
benar
c. Melahirkan
anak
d. Bertelur
4.
Hewan yang mengalami tahap jentik-jentik
dalam daur hidupnya adalah…..
a. Katak c. Kecoa
b. Lalat d. Nyamuk
5.
Urutan daur hidup pada kupu-kupu adalah
…..
a.
Telur-ulat-kepompong-kupu-kupu
b.
Telur-kepompong-ulat-kupu-kupu
c.
Kupu-kupu-ulat-telur kepompong
d.
Ulat-telur-kepompong-kupu-kupu
6.
Dalam daur hidupnya, ulat menjadi …..
a. Larva c. Kepompong
b. Nimfa d. Kupu-kupu dewasa
7.
Kucing menghasilkan anak dengan cara ….
a. Beranak c. Beranak dan bertelur
b. Bertelur d. Membelah diri
8.
Perbedaan antara kecoa muda dengan kecoa
dewasa adalah …..
a. Kecoa muda
tidak bersayap
b. Kecoa dewasa
tidak bersayap
c. Kecoa muda
tidak memiliki kaki
d. Kecoa muda
dan kecoa dewasa memiliki kaki
9.
Contoh hewan yang tidak mengalami
metamorfosis adalah …..
a. Nyamuk c. Kucing
b. Kecoa d. Kupu-kupu
10.
Tahapan nimfa terjadi pada daur hidup
hewan …..
a. Kupu-kupu c.
Katak
b. Nyamuk d.
Kecoa
SOAL ISIAN :
1. Apa perbedaan
metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?
2. Jelaskanlah urutan daur hidup nyamuk
secara sederhana !
3. Buktikan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan
cara yang sama !
4. Simpulkan
bahwa berubahnya bentuk pada hewan unggas menunjukkan adanya pertumbuhan !
LAMPIRAN IV
KUNCI JAWABAN
No.
|
Soal
|
Kunci
|
1.
|
Perubahan bentuk makhluk hidup dari kecil
hingga dewasa disebut …..
a.
Metamorfosis c. Tahapan
b.
Pertumbuhan d. Daur hidup
|
A
|
2.
|
Hewan yang mengalami metamorfosis adalah
…..
a.
Kambing c. Kucing
b.
Ayam d. Lalat
|
D
|
3.
|
Ayam berkembang biak dengan cara …..
a.
Bertelur dan melahirkan anak
b.
Semuanya benar
c.
Melahirkan anak
d.
Bertelur
|
D
|
4.
|
Hewan yang mengalami tahap jentik-jentik
dalam daur hidupnya adalah…..
a.
Katak c. Kecoa
b.
Lalat d. Nyamuk
|
D
|
5.
|
Urutan daur hidup pada kupu-kupu adalah
…..
a. Telur-ulat-kepompong-kupu-kupu
b.
Telur-kepompong-ulat-kupu-kupu
c.
Kupu-kupu-ulat-telur kepompong
d.
Ulat-telur-kepompong-kupu-kupu
|
A
|
6.
|
Dalam daur hidupnya, ulat menjadi …..
a.
Larva c. Kepompong
b.
Nimfa d. Kupu-kupu
dewasa
|
C
|
7.
|
Kucing menghasilkan anak dengan cara ….
a.
Beranak c. Beranak dan
bertelur
b.
Bertelur d. Membelah
diri
|
A
|
8.
|
Perbedaan antara kecoa muda
dengan kecoa dewasa adalah …..
a.
Kecoa muda tidak bersayap
b.
Kecoa dewasa tidak bersayap
c.
Kecoa muda tidak memiliki kaki
d.
Kecoa muda dan kecoa dewasa memiliki kaki
|
A
|
9.
|
Contoh hewan yang tidak mengalami
metamorfosis adalah …..
a.
Nyamuk c. Kucing
b.
Kecoa d. Kupu-kupu
|
C
|
10.
|
Tahapan nimfa terjadi pada daur hidup
hewan …..
a.
Kupu-kupu c. Katak
b.
Nyamuk d. Kecoa
|
B
|
LAMPIRAN V
RUBRIK PENILAIAN
& KRITERIA PENILAIAN
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
a.
Memahami materi secara keseluruhan
b.
Dapat menjelaskan materi kepada teman satu kelompoknya dengan
baik.
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tu-gas individu dan/ atau
kelompok
|
2.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
b.
Mandiri dalam kegiatan individual dan bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif
|
Pengamatan
|
Selama Pembe-lajaran dan saat melakukan
tugas praktek.
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/ prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan daur hidup hewan.
|
Pengamatan
|
Pada saat pe-nyelesaian tugas.
|
& PENILAIAN
1. Penilaian
Hasil Belajar
Pilihan Ganda
Jumlah
soal benar x 6 = B x 6
= 10 x
6 à 60
Isian
Jumlah
soal benar x 10 = B x 10
= 4 x
10 à 40
Nilai =
100
CATATAN
:
@ Nilai KKM 75
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
2. Penilaian
Proses
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kriteria
|
||||||||
Aktif
|
Kerjasama
|
Tanggungjawab
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
Keterangan:
*) Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan
KB = Kurang baik, B = Baik dan SB = Sangat baik
Skala
penilaian sikap dibuat dengan rating scale antara 2 - 4
2
= Kurang baik
3
= Baik
4
= Sangat baik
0 komentar:
Posting Komentar