PGSD UNNES JAYA !!

.

Jumat, 27 November 2015

CONTOH RPP SD KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 (TEMATIK INTEGRATIK)
KELAS IV SEMESTER 1
TEMA 2 (SELALU BERHEMAT ENERGI)
SUB TEMA 1 (MACAM-MACAM SUMBER ENERGI)
PEMBELAJARAN 5

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPA SD
Dosen Pengampu Ibu Sutji Wardhayani




Disusun Oleh:
Dita Setyo Nugroho (1401414252)
Rombel 8



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015

===================================================================
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuanpendidikan     :  SD N Kradenan 02
Kelas / semester         :  4/ 1
Tema / Sub Tema      :  Selalu Berhemat Energi/ Macam-macam      
Sumber Energi
Pembelajaran                        :  5/ RKH 5
Alokasi waktu            :  1 Hari
 



A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR

ILMU PENGETAHUAN ALAM
1. Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
4. Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
5.  Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

BAHASA INDONESIA
1. Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2. Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
3. Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
4. Menggali informasi dari tekslaporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
5. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

PPKn
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2  Menunjukan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3  Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,  sekolah dan masyarakat
4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

SBdP
1.1  Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.2  Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam

C.    INDIKATOR

ILMU PENGETAHUAN ALAM
3.4.1  Menjelaskan tentang terjadinya proses sumber energi minyak bumi
4.6.1 Melaporkan hasil analisa dan diskusi pemecahan masalah tentang pemanfaatan BBM sebagai sumber energi untuk mempermudah kehidupan manusia
BAHASA INDONESIA
4.1.1  Mempresentasikan hasil diskusi dan analisa teks laporan tentang bahan bakar minyak dengan menggunakan kosa kata baku
PPKn
3.2.1  Merumuskan tentang pentingnya hemat BBM dengan kegiatan membuat poster
    SBdP
4.4.1  Mendesain poster menggunakan kertas bekas yang melibatkan keterampilan menggambar, mewarnai dan menggunting

D.    TUJUAN
1. Dengan kegiatan membuat poster, siswa mampu menjelaskan tentang kewajiban untuk selalu hemat energi BBM disertai alasan dengan benar
2. Dengan kegiatan membaca teks dan diskusi, siswa mampu mendeskripsikan proses terjadinya energi BBM melalui tulisan menggunakan kalimat sendiri sesuai urutan waktu dan menjelaskan manfaat BBM dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3. Dengan kegiatan presentasi, siswa mampu menerangkan tentang manfaat minyakbumi dan cara penghematannya menggunakan kosa kata baku dengan teliti.
4. Dengan kegiatan membuat poster, siswa mampu meningkatkan keterampilan menggambar dan mewarnai dengan benar.
5. Dengan menggabungkan puzzle siswa dapat menganalisa gambar yang terbentuk dengan jelas.

E.     MATERI
BAHASA INDONESIA
  1. Mempresentasikan hasil diskusi
ILMU PENGETAHUAN ALAM
  1. Menjelaskan Proses terjadinya sumber energi minyak bumi
  2. Berdiskusi Pemanfaatan BBM sebagai sumber energi
PPKn
  1. Menghemat Sumber Energi
SBdP
1.        Membuat poster menggunakan kertas bekas
                                                      
F.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Metode                 :  Observasi, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1        Guru mengondisikan siswa
2        Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3        Guru mengecek kehadiran siswa.
4        Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan bertanya mengenai SPBU “ Anak-anak aktivitas apa saja yang terjadi di SPBU ? kenapa mobil atau motor berada di SPBU? Kenapa mobil atau motor membutuhkan bahan bakar? Darimana asal bahan bakar tersebut?. ”
5        Guru memberikan motivasi
6        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
20 menit
Inti
1      Siswa membaca teks “Minyak Bumi” dengan teliti (mengamati)
2      Siswa mengamati dan memahami terjadinya minyak bumi melalui teks berbentuk garis waktu/lini masa.(mengamati dan menalar)
3      Siswa menuliskan kembali proses terjadinya minyak bumi dengan menggunakan kalimat sendiri. (menalar)
4      Guru berkeliling saat siswa menulis, memastikan siswa memahami tugasnya dan menyelesaikan tepat waktu
5      Siswa diingatkan untuk menulis dengan rapi, memilih kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku, dan merangkai kalimat secara runtun
6      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Pastikan dalam setiap kelompok terdiri tidak lebih dari lima siswa.
7      Guru memberikan lembar kerja kelompok, siswa secara berkelompok diajak berdiskusi dan mengerjakan soal (menalar)
8      Guru berkeliling dan memotivasi setiap siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya. Ingatkan siswa untuk bergantian berbicara dan tidak mendominasi pembicaraan
9      Saat berdiskusi, guru melakukan penilaian keterampilan berdiskusi siswa dengan menggunakan lembar observasi.
10  Setiap kelompok menyampaikan hasilnya di depan kelas. Kelompok lain menyimak dan memberikan penilaian menggunakan rubrik yang disediakan (mengkomunikasikan)
11  Guru menjelaskan cara menggunakan rubrik sebelum proses penilaian dilakukan
12  Siswa bertanya mengenai proses terjadinya minyak bumi (menanya)
13  Siswa menggabungkan puzzle yang dibagikan oleh guru (mencoba, menalar) dan mendiskusikan pertanyaan yang ada di lampiran
14  Siswa bersama guru membahas hasil diskusi
15  Siswa membuat poster sederhana berisi ajakan untuk hemat energy (mencoba)
16  Guru mengingatkan siswa untuk membuatnya dengan rapi
17  Siswa memasang poster tersebut di sekitar sekolah
160 menit
Penutup
1        Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
2        Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
3        Guru memberikan PR kepada siswa untuk mencari informasi tentang berbagai penggunaan BBM (premium, solar, minyak tanah) disekitar rumahmu. Catat informasi yang kamu dapat untuk dibandingkan dengan temanmu..
4        Salam dan doa penutup.
30 menit


H.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
Media dan Alat Pembelajaran
1.      Kertas                    4. Spidol Warna
2.      Puzzle                    5. Pensil
3.      Gunting                 6. Penggaris
Sumber Belajar
1.      Buku Guru Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013
2.      Buku Siswa Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013
3.      Sumber lain yang relevan

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
Penilaian Unjuk Kerja
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.




  1. Instrumen Penilaian
Penilaian Unjuk Kerja
1)   Penilaian Pengamatan
2)   Penilaian Produk
(instrumen terlampir)


Semarang, 23 Oktober 2015
Kepala SD N Kradenan 02                                                  Guru Kelas IV,


.......................................                                                        Dita Setyo Nugroho
NIP.                                                                                       NIM. 1401414252




LAMPIRAN 1
MATERI AJAR


Minyak Bumi

Minyak Bumi (bahasa Inggris: petroleum, berasal dari bahasa Latin petrus = karang dan oleum = minyak), dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak Bumi terdiri atas campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak Bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan. Minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia.


Pembentukan Minyak Bumi
Sumber hidrokarbon yang paling utama di alam adalah minyak bumi. Penggunaannya sangat beragam, terutama sebagai bahan bakar dan juga bahan baku petrokima. Para ahli berpendapat bahwa minyak bumi terbentuk dari pelapukan sisa kehidupan purba (hewan, tumbuhan, dan jasad renik) yang terpendam bersama air laut dan masuk ke dalam batuan pasir, lempung atau gamping yang terdapat di dalam lapisan kerak bumi selama berjuta-juta tahun melalui proses fisika dan kimia.



LAMPIRAN 2
MEDIA AJAR



























                 
                 



LAMPIRAN 3
LEMBAR KERJA SISWA

ANGGOTA KELOMPOK :
1.      ………………
2.      ……………….
3.      ……………….
4.      ……………….
5.      ……………….



ANGGOTA KELOMPOK :
1.      ………………
2.      ……………….
3.      ……………….
4.      ……………….
5.      ……………….

Susunlah Puzzle pada Kotak Berikut dengan Rapi !










..........................................................................................................................................










Jawablah Pertanyaan di Bawah ini dengan jelas !
1.      Apa gambar yang terbentuk dari puzzle yang kalian rangkai ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Untuk apakah bangunan tersebut ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Apa aktivitas yang ada di tempat tersebut ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Berasal dari manakah energi yang dihasilkan ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Apa yang dimaksud dengan minyak bumi ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.      Apa manfaat minyak bumi ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.      Apa yang terjadi jika minyak bumi digunakan secara terus menerus ?
Jawab : ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran 4
KISI-KISI SOAL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik Penilaian
Ranah Kognitif
Bentuk Instrumen
Nomor Soal
1.    Menerima, menjalankadan menghargai ajaran agama yang dianutnya.






2.     Memiliki perilaku jujur,disiplin,tanggunjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksdengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.






3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dantempat bermain.


3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku

v   Mempresentasikan hasil diskusi dan analisa teks laporan tentang bahan bakar minyak dengan menggunakan kosa kata baku

Mudah








C3 (Mengaplikasikan)








Pilihan ganda











1a










3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat


Mudah
C2 (Memahami)
Pilihan ganda dan esai
2a
1b




3.4             Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

v    Menjelaskan tentang proses terjadinya salah satu sumber energi (minyak bumi)

v    Melaporkan hasil analisa dan diskusi pemecahan masalah tentang pemanfaatan BBM sebagai sumber energi untuk mempermudah kehidupan manusia
Mudah






Sedang


C1 (Mengetahui)




C2 (Memahami)


Esai






Pilihan ganda




2b






3a







3.5             Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif







4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
1.1             Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku








4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

v   Merumuskan tentang pentingnya hemat BBM dengan kegiatan membuat poster

Sedang
C2 (Memahami)
Pilihan ganda
4a

4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat







4.14 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
v    Mendesain poster menggunakan kertas bekas yang melibatkan keterampilan menggambar, mewarnai dan menggunting
Mudah
C3 (Mengaplikasikan)
Pilihan ganda
5a



LAMPIRAN 5
EVALUASI

A.            Beri tanda silang (x) pada jawaban yang paling tepat !
1.      SPBU adalah tempat untuk mengisi....
a.susu
c.tepung terigu
b.minyak goring
d.bahan bakar minyak

2.      Minyak bumi dan gas alam bersumber dari....
a.hewan dan tumbuhan yang mati ratusan tahun yang lalu
c.hewan dan tumbuhan yang baru mati
b.hewan dan tumbuhan yang masih hidup
d.batu-batuan

3.      Terbentuknya lapisan yang kaya akan zat organik yang akhirnya akan menjadi batu endapan terjadi sekitar.....
a.200 tahun yang lalu
c.100 tahun yang lalu
b.500 tahun yang lalu
d.400 tahun yang lalu

4.      Kalimat yang pantas untuk mendeskripsikan slogan dibawah ini adalah....

a.anjuran menanam pohon
c.menjaga alam
b.anjuran hemat BBM
d.menebang pohon



5.      Ketika berbicara di depan kelas harus dengan....
a.berbisik
c.keras
b.pelan
d.teriak

B.            Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1.      Tumbuhan dan hewan yang akan menjadi bahan baku minyak bumi mati sekitar..... tahun yang lalu.
2.      Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah....
KUNCI JAWABAN

A.           Pilihan Ganda
No
Jawaban
1.
D
2.
A
3.
A
4.
A
5.
C
B.            Essai
1.      500 tahun
2.      Bensin

PENSKORAN
A.    Pilihan Ganda
No
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
Jumlah
10
B.     Essai
No
Skor
1
5
2
5
Jumlah
10

Skor maksimum (pilihan ganda) = 10
Skor maksimum (uraian) = 10

Nilai  × 100
Nilaimaksimal : 100

 





LAMPIRAN 6
PENILAIAN





No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Ket
1.
Rasa ingin Tahu





2.
Tekun





3.
Teliti





4.
Kreatif







0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com