RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 (TEMATIK
INTEGRATIK)
KELAS IV SEMESTER 1
TEMA 2 (SELALU BERHEMAT ENERGI)
SUB TEMA 1 (MACAM-MACAM SUMBER ENERGI)
PEMBELAJARAN 5
Disusun untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPA SD
Dosen Pengampu Ibu Sutji Wardhayani
Disusun
Oleh:
Dita Setyo Nugroho (1401414252)
Rombel 8
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
===================================================================
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuanpendidikan : SD N Kradenan 02
Kelas / semester : 4/ 1
Tema / Sub Tema : Selalu Berhemat Energi/ Macam-macam
Sumber Energi
Pembelajaran : 5/ RKH 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM
1. Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
4. Membedakan berbagai
bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
5. Menyajikan laporan
tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
BAHASA INDONESIA
1. Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang
diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh
ilmu pengetahuan
2. Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan
lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
3. Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan
energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
4. Menggali informasi dari tekslaporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
5. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah,
dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat
SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah
sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar
sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk
mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.4 Membentuk
karya seni tiga dimensi dari bahan alam
C.
INDIKATOR
ILMU PENGETAHUAN ALAM
3.4.1 Menjelaskan
tentang terjadinya proses sumber energi minyak bumi
4.6.1 Melaporkan hasil analisa dan diskusi
pemecahan masalah tentang pemanfaatan BBM sebagai sumber energi untuk
mempermudah kehidupan manusia
BAHASA INDONESIA
4.1.1 Mempresentasikan
hasil diskusi dan analisa teks laporan tentang bahan bakar minyak dengan
menggunakan kosa kata baku
PPKn
3.2.1 Merumuskan
tentang pentingnya hemat BBM dengan kegiatan membuat poster
SBdP
4.4.1 Mendesain
poster menggunakan kertas bekas yang melibatkan keterampilan menggambar,
mewarnai dan menggunting
D.
TUJUAN
1. Dengan kegiatan
membuat poster, siswa mampu menjelaskan tentang kewajiban untuk selalu hemat
energi BBM disertai alasan dengan benar
2. Dengan kegiatan
membaca teks dan diskusi, siswa mampu mendeskripsikan proses terjadinya energi
BBM melalui tulisan menggunakan kalimat sendiri sesuai urutan waktu dan menjelaskan
manfaat BBM dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3. Dengan kegiatan
presentasi, siswa mampu menerangkan tentang manfaat minyakbumi dan cara
penghematannya menggunakan kosa kata baku dengan teliti.
4. Dengan kegiatan
membuat poster, siswa mampu meningkatkan keterampilan menggambar dan mewarnai dengan benar.
5. Dengan menggabungkan puzzle siswa
dapat menganalisa gambar yang terbentuk dengan jelas.
E.
MATERI
BAHASA INDONESIA
- Mempresentasikan
hasil diskusi
ILMU PENGETAHUAN ALAM
- Menjelaskan
Proses terjadinya sumber energi minyak bumi
- Berdiskusi
Pemanfaatan BBM sebagai sumber energi
PPKn
- Menghemat Sumber Energi
SBdP
1.
Membuat poster menggunakan kertas bekas
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1
Guru mengondisikan siswa
2
Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3
Guru mengecek kehadiran siswa.
4
Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan bertanya
mengenai SPBU “ Anak-anak aktivitas apa saja yang terjadi di SPBU ? kenapa
mobil atau motor berada di SPBU? Kenapa mobil atau motor membutuhkan bahan
bakar? Darimana asal bahan bakar tersebut?. ”
5
Guru memberikan motivasi
6
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup
materi yang akan dipelajari.
|
20 menit
|
Inti
|
1
Siswa membaca teks
“Minyak Bumi” dengan teliti (mengamati)
2
Siswa mengamati dan memahami terjadinya minyak bumi
melalui teks berbentuk garis waktu/lini masa.(mengamati dan menalar)
3
Siswa menuliskan kembali proses terjadinya minyak bumi
dengan menggunakan kalimat sendiri. (menalar)
4
Guru berkeliling saat
siswa menulis, memastikan siswa memahami tugasnya dan menyelesaikan tepat
waktu
5
Siswa diingatkan
untuk menulis dengan rapi, memilih kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku,
dan merangkai kalimat secara runtun
6
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok. Pastikan dalam setiap kelompok terdiri tidak lebih dari
lima siswa.
7
Guru memberikan lembar kerja kelompok, siswa secara
berkelompok diajak berdiskusi dan mengerjakan soal (menalar)
8
Guru
berkeliling dan memotivasi setiap siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya.
Ingatkan siswa untuk bergantian berbicara dan tidak mendominasi pembicaraan
9
Saat berdiskusi, guru
melakukan penilaian keterampilan berdiskusi siswa dengan menggunakan lembar
observasi.
10 Setiap
kelompok menyampaikan hasilnya di depan kelas. Kelompok lain menyimak dan
memberikan penilaian menggunakan rubrik yang disediakan (mengkomunikasikan)
11 Guru
menjelaskan cara menggunakan rubrik sebelum proses penilaian dilakukan
12 Siswa bertanya
mengenai proses terjadinya minyak bumi (menanya)
13 Siswa menggabungkan
puzzle yang dibagikan oleh guru (mencoba, menalar) dan mendiskusikan
pertanyaan yang ada di lampiran
14 Siswa bersama guru membahas hasil diskusi
15 Siswa
membuat poster
sederhana berisi ajakan untuk hemat energy (mencoba)
16 Guru mengingatkan siswa
untuk membuatnya dengan rapi
17 Siswa memasang poster
tersebut di sekitar sekolah
|
160 menit
|
Penutup
|
1
Siswa dengan
bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
2
Siswa
diberi kesempatan untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
3
Guru
memberikan PR kepada siswa untuk mencari informasi
tentang berbagai penggunaan BBM (premium, solar, minyak tanah) disekitar
rumahmu. Catat informasi yang kamu dapat untuk dibandingkan dengan temanmu..
4
Salam dan doa penutup.
|
30 menit
|
H.
MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER BELAJAR
Media dan Alat Pembelajaran
1.
Kertas 4.
Spidol Warna
2.
Puzzle 5.
Pensil
3.
Gunting 6.
Penggaris
Sumber Belajar
1.
Buku Guru Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013
2.
Buku Siswa Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013
3.
Sumber lain yang relevan
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
Penilaian Unjuk
Kerja
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
- Instrumen Penilaian
Penilaian Unjuk Kerja
1) Penilaian Pengamatan
2) Penilaian Produk
(instrumen
terlampir)
Semarang,
23 Oktober 2015
Kepala SD N Kradenan 02 Guru
Kelas IV,
....................................... Dita
Setyo Nugroho
NIP. NIM.
1401414252
LAMPIRAN 1
MATERI AJAR
Minyak Bumi
Minyak Bumi (bahasa Inggris: petroleum, berasal
dari bahasa Latin petrus = karang dan oleum = minyak), dijuluki juga sebagai
emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang
mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.
Minyak Bumi terdiri atas campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian
besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya.
Minyak Bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak.
Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan melalui proses studi geologi, analisis
sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya.
Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan
hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan
bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen
kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan. Minyak bumi
digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan
manusia.
Pembentukan Minyak Bumi
Sumber
hidrokarbon yang paling utama di alam adalah minyak bumi. Penggunaannya sangat
beragam, terutama sebagai bahan bakar dan juga bahan baku petrokima. Para ahli
berpendapat bahwa minyak bumi terbentuk dari pelapukan sisa kehidupan purba (hewan,
tumbuhan, dan jasad renik) yang terpendam bersama air laut dan masuk ke dalam
batuan pasir, lempung atau gamping yang terdapat di dalam lapisan kerak bumi
selama berjuta-juta tahun melalui proses fisika dan kimia.
(Sumber: http://belajar.kemdiknas)
LAMPIRAN 2
MEDIA AJAR
LAMPIRAN 3
LEMBAR KERJA SISWA
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
………………
2.
……………….
3.
……………….
4.
……………….
5.
……………….
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
………………
2.
……………….
3.
……………….
4.
……………….
5.
……………….
..........................................................................................................................................
Jawablah Pertanyaan di Bawah ini dengan
jelas !
1. Apa
gambar yang terbentuk dari puzzle yang kalian rangkai ?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Untuk
apakah bangunan tersebut ?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Apa
aktivitas yang ada di tempat tersebut ?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Berasal
dari manakah energi yang dihasilkan ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Apa
yang dimaksud dengan minyak bumi ?
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Apa
manfaat minyak bumi ?
Jawab :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Apa
yang terjadi jika minyak bumi digunakan secara terus menerus ?
Jawab :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran 4
KISI-KISI SOAL
Kompetensi Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Ranah
Kognitif
|
Bentuk
Instrumen
|
Nomor Soal
|
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
|
||||||
2.
Memiliki
perilaku jujur,disiplin,tanggung
jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru,
dan tetangganya.
|
||||||
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah,
dantempat bermain.
|
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
v
Mempresentasikan hasil diskusi dan analisa teks laporan tentang
bahan bakar minyak dengan menggunakan kosa kata baku
|
Mudah
|
C3 (Mengaplikasikan)
|
Pilihan ganda
|
1a
|
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan masyarakat
|
Mudah
|
C2 (Memahami)
|
Pilihan ganda dan esai
|
2a
1b
|
||
3.4
Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
v
Menjelaskan tentang proses terjadinya salah satu sumber energi
(minyak bumi)
v
Melaporkan hasil analisa dan diskusi pemecahan masalah tentang
pemanfaatan BBM sebagai sumber energi untuk mempermudah kehidupan manusia
|
Mudah
Sedang
|
C1 (Mengetahui)
C2 (Memahami)
|
Esai
Pilihan ganda
|
2b
3a
|
|
3.5
Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
|
||||||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
1.1
Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan
dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
|||||
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
|
v
Merumuskan
tentang pentingnya hemat BBM dengan kegiatan membuat poster
|
Sedang
|
C2 (Memahami)
|
Pilihan ganda
|
4a
|
|
4.6
Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh
masyarakat
|
||||||
4.14
Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran
dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
|
v
Mendesain poster menggunakan kertas bekas yang melibatkan
keterampilan menggambar, mewarnai dan menggunting
|
Mudah
|
C3 (Mengaplikasikan)
|
Pilihan ganda
|
5a
|
LAMPIRAN 5
EVALUASI
A.
Beri tanda silang (x)
pada jawaban yang paling tepat !
1. SPBU
adalah tempat untuk mengisi....
a.susu
|
c.tepung terigu
|
b.minyak goring
|
d.bahan bakar
minyak
|
2. Minyak
bumi dan gas alam bersumber dari....
a.hewan dan tumbuhan yang mati ratusan tahun yang
lalu
|
c.hewan dan tumbuhan yang baru mati
|
b.hewan dan tumbuhan yang masih hidup
|
d.batu-batuan
|
3. Terbentuknya
lapisan yang kaya akan zat organik yang akhirnya akan menjadi batu endapan
terjadi sekitar.....
a.200 tahun yang lalu
|
c.100 tahun yang lalu
|
b.500 tahun yang lalu
|
d.400 tahun yang lalu
|
4.
Kalimat yang pantas untuk mendeskripsikan slogan
dibawah ini adalah....
a.anjuran menanam pohon
|
c.menjaga alam
|
b.anjuran hemat BBM
|
d.menebang pohon
|
5. Ketika
berbicara di depan kelas harus dengan....
a.berbisik
|
c.keras
|
b.pelan
|
d.teriak
|
B.
Isilah titik-titik
dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Tumbuhan
dan hewan yang akan menjadi bahan baku minyak bumi mati sekitar..... tahun yang
lalu.
2. Salah
satu hasil pengolahan minyak bumi adalah....
KUNCI JAWABAN
A.
Pilihan
Ganda
No
|
Jawaban
|
1.
|
D
|
2.
|
A
|
3.
|
A
|
4.
|
A
|
5.
|
C
|
B.
Essai
1.
500
tahun
2.
Bensin
PENSKORAN
A.
Pilihan
Ganda
No
|
Skor
|
1
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
4
|
2
|
5
|
2
|
Jumlah
|
10
|
B.
Essai
No
|
Skor
|
1
|
5
|
2
|
5
|
Jumlah
|
10
|
Skor
maksimum (pilihan ganda) = 10
Skor
maksimum (uraian) = 10
Nilai
=
Nilaimaksimal : 100
|
LAMPIRAN 6
PENILAIAN
No
|
Sikap
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
1.
|
Rasa ingin Tahu
|
|||||
2.
|
Tekun
|
|||||
3.
|
Teliti
|
|||||
4.
|
Kreatif
|
0 komentar:
Posting Komentar